Kau tau bahwa kehidupan tidak selalu sesuai yg kita rencanakan di balik tempurung kecil kepala kita yg canggih ini. Bisa jadi ia lebih ideal dibanding pengharapan, atau bisa jadi sebaliknya. Tapi bukankah ini yang disebut kehidupan? hidup, kita bergerak. Kemudian jika recana tidak berjalan sesuai rancangan, maka artinya kita masih hidup dan tersedialah bermacam-macam pilihan yang siap kita comot satu per satu. Dan tentu saja Tuhan kita, Allah Yang Maha Mengetahui, selalu lebih mengerti apa yang paling baik untuk kita. Dia lebih paham urutan kebahagiaan mana yang harus kita rasakan terlebih dahulu. Karenanya, terkadang Dia menempatkan kesulitan di urutan pertama, agar kita tau betapa manisnya kebahagiaan itu. Maka seperti pesan Saidina Ali Rahimahullah,


“Kesabaran itu ada dua macam: kesabaran terhadap sesuatu yang kamu benci dan kesabaran terhadap sesuatu yang kamu sukai.”

"Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak."


Lalu, bahwa segala sesuatunya tercipta berpasangan, jadi selalu ada yang baik dibalik yang buruk. Selalu harus ada yg hitam sebelum kita tau yang mana yang putih. Kemudian, jika kesulitan tidak ada, apakah kita tau bagaimana mendefiniskan kemudahan?

Entah dengan dasar apa, aku begitu yakin jika segala kesulitan yang kita hadapi, baik ia nyata ataupun hanya berupa ketidaktenangan hati bersumber dari kurangnya syukur kita kepadaNya. Dan dengan bertambahnya syukur, aku pun yakin Dia akan menambah pundi2 nikmat kita.

"Urusan orang mukmin itu sungguh mengagumkan,semua hal baik baginya, dan itu hanya terjadi pada orang yang beriman. Jika memperoleh kesenangan dia bersyukur dan itu baik baginya, dan jika ditimpa kesusahan dia bersabar dan itu baik baginya.” (HR Bukhari dan Muslim)

“Sungguh, nikmat itu bersambung dengan rasa syukur dan rasa syukuritu dapat mempengaruhi penambahan nikmat. Keduanya beriringandalam satu kurun, maka tidak akan terputus tambahan nikmat dari Allahhingga rasa syukur terputus dari seorang hamba.” (Ali bin Abi Thalib r.a.)





*Be sure u can overcome 'those' things 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Yang Punya...

Foto saya
A wife and insya Allah a future mother :D. Small figure, suka jalan2 ke alam terbuka, tp jg suka mendekam drumah dgn setumpuk film n buku. Kadang kalo lagi kumat juga suka berbuat hal2 gila bareng anak2 dodol :D. Oia, saya juga suka banget sama suami saya *eh, itu mah harus yak :p Ex.mahasiswi Mipa Matematika, yg sedang awut-awutan menimba ilmu lagi di negeri formosa, berasa salah jurusan (wktu S1 merasa gini juga sih) tapi ya wes dilanjutkan aja, sejak kapan sih punya ilmu itu ngerugiin :D a life, sky, photography and Pepnosaurus lover ^_^

Followers