Tiba-tiba teringat hujan dan becek, di jaman2 kecil dulu, saat gak harus sibuk mikirin tugas dan pelajaran yg bikin tidur gak nyenyak jg makan gak enak..yah, walopun makannya tetep banyak sih, maklum banyak mikir, sorry nyari excuse :D. Teringat permainan masak2an pake lilin, main rumah2an, main 'mamase domise pado tuk duak, mamase heli-helo tuk duak, indoplas siska pelandok tuk duak..' (panjang kali lirik lompat tali yg absurd itu, capek ngetiknya), dan entah permainan absurd apalagi yg pernah terjadi di masa itu, yang walopun absurd tapi bikin gak sabaran untuk plg sekolah dan suka kabur dari ritual tidur siang. 

Hujan dan becek, dua kata itu membuat saya dan tetangga2 yang sebaya memilih kabur dr rumah. Rumah2 kita yg jaraknya dekat sekali dengan tambak itu, membuat main hujan makin asik. Yang sendal2 kita pada putus karena terjebak saat kita menjejak pinggiran tanah liat tambak lah, menangkap anak ikan di air2 tergenang lah which is saya baru sadar akhir2 ini ternyata anak ikan itu adalah anak katak alias kecebong. Main2 di tambak, pake sesuatu yg bentuknya kayak perahu kecil tanpa pinggiran yang terbuat dr plastik padat, dan lalu karena sangking ramainya perahu tanpa pinggiran itu, saya terjatuh ke dalam air tambak yg lebih coklat dr susu indomilk coklat itu.


Masak2an saya dan para anak2 tetangga makin nyata waktu kita sepakat meminta bahan masakan sesungguhnya ke ortu masing2. Kita sukses memasak nasi dan sayur bening berbekal wajan yang na'uzubillah besar dan panci nasi yg juga ukuran ekstra. Padahal kan kita masih anak2, emezing kan ya? saya dan tetangga sampai terkagum2 dgn hasil masakan yg emezing itu. Sampai kita memakan hasil masakan pertama itu, dan..dan..kita tercekat! nasi sepanci besar itu rupanya kekurangan air a.k.a masih mentah, dan sayur sewajan raksasa itu ternyata kebanyakan air dgn seuprit sayur dan hambar pulak. Lengkap! tapi karena merasa bertanggung jawab, kita berusaha mati2an mengahabiskan. Mengenaskan.

Dan..main 'mamase domise pado tuk duak..' adalah hal yg masih saya mainkan sampe kls 6 SD. Walaupun lirik yang entah bahasa dr daerah mana itu gak ada yg mengerti artinya, kita dengan suka cita selalu memainkan lompat tali itu di jam istirahat. Daan, kalo sekarang ada yang ngajakin main 'mamase domise pado tuk duak..' itu, saya juga masih dengan suka cita, suka rela dan sepenuh jiwa raga akan turut serta.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Yang Punya...

Foto saya
A wife and insya Allah a future mother :D. Small figure, suka jalan2 ke alam terbuka, tp jg suka mendekam drumah dgn setumpuk film n buku. Kadang kalo lagi kumat juga suka berbuat hal2 gila bareng anak2 dodol :D. Oia, saya juga suka banget sama suami saya *eh, itu mah harus yak :p Ex.mahasiswi Mipa Matematika, yg sedang awut-awutan menimba ilmu lagi di negeri formosa, berasa salah jurusan (wktu S1 merasa gini juga sih) tapi ya wes dilanjutkan aja, sejak kapan sih punya ilmu itu ngerugiin :D a life, sky, photography and Pepnosaurus lover ^_^

Followers