Awalnya saya cuek aja ada yang nulis status, atau posting gambar dengan caption,

Alhamdulillah kerja, bisa punya penghasilan jadi gak harus minta sama suami mulu.

Bersyukur walaupun gak kerja, bisa mendidik anak dengan baik di rumah, bisa nyiapin segala kebutuhan suami.

Ayo bunda-bunda, kerja di rumah itu enak loh. Tetap punya penghasilan sendiri, plus bisa merawat baby dan suami juga :)

Bla..bla..bla..bla..dan kalimat semisal.

Pernah sekali saya nemu sebuah tulisan yg banyak dishare temen-temen, saya juga ikutan ngeshare akhirnya. Kesan yang saya dapat setelah baca sampe tuntas adalah bahwa penulis gak menyalahkan ibu pekerja, ibu rumah tangga, ataupun ibu yg bekerja dari rumah. Menurut penulis, dan saya yakin menurut orang-orang yang juga ikut ngeshare itu tulisan, yg salah adalah ketika ibu-ibu tersebut ada kesan merasa lebih baik dari tipe ibu lain, dari statusnya. Lebih banyak tersirat siiiih. Gak berani kali ya harus mention langsung ibu-ibu kenalannya yang berbeda tipe.

Lama-lama  mata saya pun jadi capek melihat ada status gituan bertengger di timeline. Saya gak suka sama yang suka membanggakan tipenya. Karena menurut saya semua ibu itu mandiri.



Kehamilan yang selama 9 bulan dibawa pergi kemanapun seorang diri, itu mandiri.

Dan tau gak ibu yg berkerja di kantor itu pun keras usahanya untuk menyelesaikan urusan kantor, lalu tetap meprioritaskan keluarga. Kurang mandiri?

Ibu yang punya usaha rumahan, entah handmade online shop, ataupun menjual produk dr sebuah brand. Mereka juga perlu menyempatkan di sela-sela meninabobokkan anaknya buat sesekali mempromosikan dagangannya. Juga mandiri kok.

Ibu yang gak bekerja pun tetap mandiri. Mikirin menu makanan buat suami 3x sehari plus mpasi bayi gak mudah juga loh.

Dan kemudian, menjadi istri, lalu ibu, mengurus ini itu di dalam istana keluarga, itu adalah pekerjaan 24 jam, 1 minggu, 365 hari, dan seumur hidup. Itu lebih dari mandiri.




Lagian, kewajiban suami kan menafkahi istri? Tapinya istri harus peka sama kondisi keuangan keluarga. Kalo lagi kanker (kantor kering :p), jangan kebangetan minta dibeliin berlian 10 karat, atau emas antam 100 gram T_T.

Tambahan lagi ya (hedeeh belom selesai merepetnya ya, Ruzen?)..keputusan para wanita, istri dan seorang ibu bekerja, jadi ibu di rumah aja, atau bekerja dari rumah, pun pasti sudah melalui pertapaan, semedi dan pertimbangan sana sini. Jadi jangan berani-berani menjudge ibu tipe ini lebih baik dari tipe yang lain. They are all the same. They are all mothers.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Yang Punya...

Foto saya
A wife and insya Allah a future mother :D. Small figure, suka jalan2 ke alam terbuka, tp jg suka mendekam drumah dgn setumpuk film n buku. Kadang kalo lagi kumat juga suka berbuat hal2 gila bareng anak2 dodol :D. Oia, saya juga suka banget sama suami saya *eh, itu mah harus yak :p Ex.mahasiswi Mipa Matematika, yg sedang awut-awutan menimba ilmu lagi di negeri formosa, berasa salah jurusan (wktu S1 merasa gini juga sih) tapi ya wes dilanjutkan aja, sejak kapan sih punya ilmu itu ngerugiin :D a life, sky, photography and Pepnosaurus lover ^_^

Followers